//
you're reading...
Self-Improvement

Menganalisa Alasan Pindah Kerja

MENCARI pekerjaan ternyata sama sulitnya seperti mencari jodoh, sekali salah memilih, selamanya Anda akan terjebak pada kebosanan dan performa kerja yang tidak maksimal.

Sebelum memutuskan menandatangi kontrak kerja, sebaiknya pastikan diri Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Agar tak menyesal pindah kerja, lakukanlah analisa kecil-kecilan terhadap tawaran pekerjaan yang baru ini.

1. Keuntungan

Pindah kerja ke tempat baru harus memberikan kebaikan dan pastinya keuntungan bagi Anda dan masa depan karir Anda. Cari tahu apakah perusahaan yang baru ini bisa memberikan yang Anda minta, lebih baik dari perusahaan sebelumnya.

Mulailah dengan menganalisa tunjangan kesehatan, dana pensiun, serta kompensasi yang menggiurkan bila Anda memberikan kontribusi lebih. Pertimbangkan juga sistem reimburse, bonus, pengaturan jam kerja serta barang inventaris kantor yang akan menunjang kinerja Anda.

2. Lokasi dan transportasi

Jika sudah berkeluarga, pindah bekerja ke tempat yang lebih jauh tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri. Jarak tempuh dari rumah ke kantor, juga biaya transportasi pulang pergi perlu dipikirkan. Jangan sampai karena jarak tempuh yang jauh ke kantor, fisik Anda jadi taruhannya sehingga mempengaruhi kinerja di kantor.

Anda yang masih lajang mungkin tak jadi masalah, namun tetaplah mempertimbangkan untuk mendapat tempat tinggal yang lebih dekat dengan kantor. Disamping lebih aman, biaya transportasi yang dikeluarkan bisa lebih irit dan masih dapat ditutup dengan gaji bulanan. Biaya transportasi yang bisa ditekan dapat dialokasikan untuk ditabung atau dana mendadak.

3. Kesempatan lebih baik

Semua orang tentu menginginkan peningkatan dalam hidupnya, tak terkecuali dalam hal karir. Ini tentu saja tak berlaku bagi Anda yang menyukai berada di zona nyaman, karena terasa kurang tantangan, bukan? Adanya tawaran yang lebih baik di luar justru akan membuat Anda lebih berkembang.

Jadi, jangan pernah ragu bertanya pada interviewer Anda, apakah pekerjaan yang ditawarkan memiliki prospek cerah di masa depan atau memiliki jenjang karir yang jelas serta memberi kesempatan untuk mengembangkan potensi diri.

4. Lingkungan kerja

Bekerja nine to five (9 am – 5 pm, red) selama 5 hari haruslah diimbangi dengan suasana atau lingkungan kerja yang nyaman bagi Anda. Pelajarilah kebiasaan-kebiasaan di lingkungan kerja baru sebelum Anda memasukinya. Pun pahami budaya kerja yang tentunya berbeda dengan budaya kerja di perusahaan lama, semisal tuntutan bekerja cepat dan dibawah tekanan, atau bisa dilakukan santai. Apakah perusahaan penganut paham hirarki atau lebih demokratis, sangat kekeluargaan, kerja tim atau individualistis, dan apakah visi dan misi perusahaan cocok dengan Anda.

Sebelum memutuskan bergabung atau tidak dengan perusahaan baru, Anda bisa bertanya pada beberapa pekerja yang sudah memiliki pengalaman kerja dan sudah terlebih dulu bergabung disana.

5. Kondisi perusahaan

Jangan sampai bergabung dengan perusahaan baru malah membuat Anda merugi. Cari tahu apakah perusahaan tersebut mapan secara finansial, artinya jauh dari tanda-tanda kebangkrutan. Jika terkait keselamatan, kesehatan pekerja, dan dana pensiun, perusahaan juga harus menyertakan pekerjanya dengan asuransi yang terpercaya.

6. Anda sepuluh tahun mendatang

Setelah semuanya dianalisa, inilah saatnya bertanya pada diri Anda sendiri. Apa sih yang Anda harapkan bisa tercapai sepuluh tahun mendatang, setelah bergabung dengan perusahaan yang baru? Ini penting, untuk mengetahui sejauh mana pekerjaan yang ditawarkan kepada Anda dapat membawa perubahan yang lebih baik di masa depan Anda kelak.

Jika semuanya cocok untuk Anda, itu berarti, lebih mudah bagi Anda mencintai pekerjaan baru ini dan akan lebih terbuka jalan bagi Anda melangkah menuju masa depan karir yang lebih cemerlang.

About berbagisolusi

Berbagi merupakan sebuah bentuk simbol keikhlasan untuk membantu dan menolong, sedangkan solusi adalah cara menyelesaikan masalah. Setiap manusia pasti mengalami masalah, tetapi kita tidak perlu mengalami masalah yang sama jika orang lain pernah mengalami dan kita tahu hal tersebut.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

December 2011
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Web Statistic

Blog Stats

  • 149,580 hits
%d bloggers like this: